Kamis, 03 September 2009

. susahnya mendengar .

"kamu tuh susah banget dengerin orang lain !!"

barusan kata-kata mama yang mungkin mulai jengkel dengan saya yang sering ngga peduli dengan diri saya sendiri .. saya ngga menyangkal .. saya sadar dan benar-benar sadar kalau memang saya ini susah 'mendengar' .. saya sering berpikir: "kenapa ya mendengar itu lebih susah daripada berbicara?" .. that's real !! dengan pacar , contohnya , udah ngga keitung berapa kali saya bilang:

"jaga kesehatan yah..!"
"jangan lupa makan , nanti sakit.."
"hati-hati di jalan..gak usah pake ngebut!"
(bla .. bla .. blaa ..)

dan kalimat standar semacam itu tentunya ..

saat kalimat yang sama ditujukan pada saya , kenyataannya:

1. saya sering tiba-tiba nge-drop gara-gara maksain diri melakukan beberapa aktivitas sekaligus
2. urusan makan , saya jagoannya , tapi jagoan untuk lupa ! atau bahkan pura-pura lupa .. buat saya , makan cuman sebagai kebutuhan pelengkap kalau semua aktivitas sudah selesai (parah!!)
3. kalau untuk urusan emergency , saya hampir ngga pernah berpikir hati-hati .. saya bahkan dapat julukan ter'ngawur' di keluarga untuk urusan nyetir .. hahahaha ..

kalau pacar mendadak sakit , saya seringkali bilang: "makanya.. kamu tuh susah banget dibilangin! bla..bla..bla.." , dan giliran saya yang sakit , kalimat itu jadi boomerang buat saya sendiri .. dan lucunya , itu dari orang lain ..

saya sih udah ngga heran lagi .. perilaku dari orang-orang yang 'ngga sengaja' saya amati juga seperti itu .. banyak orang yang lebih suka berbicara , daripada 'mendengar' .. banyak orang yang lebih suka menasehati orang lain , ketimbang menasehati diri sendiri .. kalau sebabnya?? saya ngga tahu .. tapi kalau saya simpulkan sendiri , mungkin butuh energi yang lebih besar untuk bisa 'mendengar'kan orang lain , ketimbang berbicara .. berbicara , ngga perlu follow up sedemikian rupa yang mungkin akan 'merepotkan' diri kita sendiri ..

tapi jujur , saya ngga suka dengan diri saya yang seperti ini .. saya marah kalau tidak didengarkan .. tetapi kenapa saya cuek , kalau saya mengabaikan omongan orang lain ? disitu mungkin letak egoisnya manusia .. itu jadi PR tersendiri buat saya , mendengar .. mengerti .. dan memahami dengan hati .. :)

1 komentar:

  1. Novan
    Yaaa, ada yg bisa dimaklumi ada yg harus diselamatkan sarah,
    yg dimaklumi adanya sisi lemahmu yg gak bisa tiba2 hilang dan berubah jadi 100% orng baik.
    yg harus diselamatkan dirimu, akal dan jiwamu, karena apapun permasalahannya makan dulu baru minum teh botol S.... :D
    U're nice beatiful muslimah, be a better

    BalasHapus