Rabu, 02 Desember 2009

in memoriam: 220309

pernahkah kita berpikir berapa banyak uang yang kita punya ? atau semua harta sekalipun ? dan itu tak akan cukup untuk ditukarkan dengan waktu yang sudah lewat atau kesempatan yang tak akan datang lagi ..

saya baru diingatkan , hari ini tepat ulang tahun nenek saya .. ‘mbah putri’ , begitu biasa kami memanggilnya ..

dan tiba-tiba saya teringat sesuatu ..

kira-kira 11 bulan yang lalu , saat saya sedang merasa labil .. dan saya hampir melupakan tujuan hidup saya .. tapi saat itu juga , saya benar-benar menyadari kalau ternyata saya butuh keluarga saya .. setelah sebelumnya saya hampir melupakan mereka , cinta yang sesungguhnya selalu hadir buat saya ..

lalu kedua orang tua saya begitu baik hati memberikan hadiah yang ngga pernah saya lupakan sebelumnya .. saya diijinkan berlibur , yeayy! sebenarnya , kota tujuan saya berlibur bukan lagi kota yang asing buat saya .. Bandung dan Cirebon .. saya sering mengabiskan waktu liburan disana , tapi belum pernah terasa seistimewa liburan saya saat itu ..

di Bandung saya menjumpai nenek (ibu dari ayah saya) , sedangkan kakek saya sudah lebih dulu dipanggil Allah ..

di Cirebon saya menjumpai kedua orang tua ibu saya , yang saya sebut ‘mbah kakung’ dan ‘mbah putri’ .. dan saya akan pulang ke rumah bersama beliau berdua .. ya , beliau berdua memang berniat mengunjungi kami ..

dan siapa sangka , perjalanan Cirebon-Gresik saat itu menjadi perjalanan yang begitu berharga buat mbah putri dan saya?


dan beberapa hari beliau ada di rumah kami , menjadi saat terakhir kami bertemu beliau ..

ya , mbah putri kami tersayang telah dipanggil Allah .. beberapa saat setelah beliau meninggalkan Gresik dan kembali ke Cirebon ..

ibu saya begitu beruntung .. karena sebuah kebetulan , ibu saya bisa menemani beliau sampai akhir hayatnya ..

akhirnya membuat saya berpikir ,

“kalau saya ngga dalam masalah berat , orang tua saya ngga akan mengijinkan saya berlibur”

“kalau saya ngga berlibur , saya ngga bisa menjemput beliau dan menemaninya dalam perjalanan ke rumah kami .. dan itu artinya , saat itu kami ngga punya kesempatan lagi untuk bertemu beliau”
“kalau bukan karena ‘kebetulan’ itu , berarti bukan ibu saya yang akan datang ke Cirebon untuk menemani beliau sampai akhir hayatnya”

tidak..!

itu sama sekali bukan kebetulan .. semuanya sudah diatur dengan rapi oleh Allah .. :)
**********************************************************************************
dan saat ini , saya benar benar merasa kehilangan beliau ..

tidak ada lagi sosok itu yang memeluk kami di halaman depan saat kami mengunjunginya , lalu menemani kami di meja makan ..

tidak ada lagi suara itu yang selalu bersemangat menanyakan kabar kami lewat telepon ..

saya begitu sedih , saat saya sadar kalau saya tak dapat menjumpainya lagi ..

sosok istri yang nyaris sempurna , ibu yang hampir ngga pernah melupakan anak-anaknya , dan nenek yang begitu dicintai .. ya , itulah mbah putri kami :)



love you grandma ,
may you rest in peace ..
Amin :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar